Sekolah Muhammadiyah siap dengan program literasi

0
186

Majelis Dikdasmen Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Jawa Timur menggelar acara penyusunan strategi implementasi literasi di Aula Mas Mansur Kantor PWM Jatim, Jalan Kertomenaggal IV/1, Sabtu (6/8/22).

Kegiatan tersebut dihadiri enam orang anggota Majelis Dikdasmen PWM Jatim,  delapan Angola Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) atau Majelis Dikdasmen PDM, delapan Orang Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) atau Majelis Dikdasmen PCM, 45 kepala sekolah, dan 25 fasilitator daerah.

Ketua Majelis Dikdasmen PWM Jatim Dr Arbaiyah Yusuf MA mengatakan kegiatan ini merupakan bentuk keberlanjutan program kemitraan INOVASI dengan Muhammadiyah.

“Setelah terlaksananya kegiatan literasi dan numerasi fase I dan II, maka akan dilaksanakan kegiatan ini sebagai langkah awal keberlanjutan program di sekolah Muhammadiyah di Jawa Timur,” ujarnya.

Dia memaparkan Program Literasi dan Numerasi mandiri direncanakan terlaksana 2022 mulai pada bulan Juli tahun 2022 hingga November tahun 2022. Melalui adanya sosialisasi dan koordinasi ini akan membangun komitmen bersama untuk menjaga keberlangsungan program yang dijalankan bersama sekolah-sekolah Muhammadiyah di Jawa Timur.

Bangun Komitmen

Arbaiyah Yusuf menjelaskan pelaksanaan kegiatan Penyusunan Strategi Implementasi Literasi dan Numerasi Mandirivmemiliki tujuan penyusunan strategi implementasi program literasi numerasi mandiri Muhammadiyah Jawa Timur di sembilan kota/kabupaten.

“Selain itu juga untuk membangun komitmen PCM dan PDM untuk mengimplementasikan diseminasi program literasi dan numerasi mandiri pada sekolah dasar/madrasah di daerah masing-masing,” ungkapnya.

Adapun sembilam kota/kabupaten yang siap menerapkan dan mendesiminasikan program literasi dan numerasi mandiri yaitu Sidoarjo, Malang, Gresik, Lamongan, Surabaya, Jember, Ngawi, Ponorogo dan Trenggalek.

Penerapan Program

Arbaiyah Yusuf mengatakan dalam agenda ini sekaligus dilakukan launching dimulainya penerapan program literasi dan numerasi mandiri yang ditandai dengan penandatangan surat pernyataan komitmen Bersama oleh 9 PDM Kota/Kabupaten.

“Kegiatan ini diselenggarakan dalam mendukung Intruksi Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah yang telah berkomitmen dengan Program Iovasi kemitraan Australia dengan Indonesia, Majelis Dikdasmen PWM Jatim siap menerapkan program literasi dan numerasi secara mandiri dengan semangat yang luar biasa.”

Hal senada juga disampaikan Sekretaris PWM Jawa Timur Tamhid Masyhudi. Dalam sambutannya, dia menyampaikan dengan adanya launching ini maka dimulainya program literasi dan numerasi mandiri.

“Dengan mengucapakan syukur alhamdulillah, sekolah dasar atau madrasah Muhammadiyah Jawa Timur siap melaksanakan program literasi dan numerasi mandiri yang ditandai dengan jargon Literasi Numerasi Mandiri, Membaca, Menulis dan Berhitung Luar Biasa,” katanya.

Melalui kegiatan ini, lanjutnya, tersusun program literasi dan numerasi mandiri di kabupaten/kota masing-masing dan terbentuk komitmen dengan daerah untuk implementasi program literasi numerasi mandiri sehingga dengan semangat yang luar biasa siap melanjutkan perjuangan untuk memajukan pendidikan Muhammadiyah Jawa Timur. sumber : PWMU.co (*)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini