Visi Pendidikan Muhammadiyah Jawa Timur 2010-2025
“Terwujudnya sistem pendidikan Muhammadiyah Jawa Timur yang unggul,berkarakter, dan berdaya saing nasional dan internasional.”
Sejalan dengan Visi ini, Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah PimpinanWilayah Muhammadiyah Jawa Timur berhasrat untuk pada tahun 2025 berhasilmengantarkan pendidikan yang menghasilkan “Insan Yang Berakhlak Mulia,Cerdas, Dan Unggul”
Misi Pendidikan Muhammadiyah Jawa Timur
Merujuk pada visi di atas, misi pendidikan Muhammadiyah Jawa Timur sebagai berikut:
- Meningkatkan kesiapan input dan kualitas proses pendidikan Muhammadiyah untuk mengoptimalkan pembentukan kepribadian yang berakhlak mulia;
- Meningkatkan profesionalitas dan akuntabilitas lembaga pendidikanMuhammadiyah sebagai pusat pembudayaan ilmu pengetahuan,keterampilan, pengalaman, sikap, dan nilai berdasarkan maksud dan tujuanpersyarikatan, standar pendidikan nasional dan internasional;
- Memberdayakan peran serta masyarakat dalam penyelenggaraan pendidikan Muhammadiyah sebagai media dakwah dan kaderisasi;
- Memfasilitasi pengembangan potensi anak bangsa secara utuh sejak usiasekolah dasar dalam rangka mewujudkan masyarakat belajar;
- Mendorong dan memfasilitasi internasionalisasi pendidikan Muhammadiyah.
Selaras dengan Misi Pendidikan Muhammadiyah Jawa Timur tersebut, Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Timuruntuk tahun 2015 – 2020 menetapkan misi Mewujudkan pendidikan yangmampu membanguninsan yang berakhlak mulia, cerdas, dan unggul denganmelaksanakan misi pendidikan Muhammadiyah Jawa Timur.
Nilai-Nilai
Nilai-Nilai penggerak Pendidikan Muhammadiyah Jawa Timur adalah:
1. Keikhlasan
Indikator dari nilai keikhlasan adalah:
▪ Professional;
▪ Komitmen/integritas;
▪ Amanah;
▪ Jujur;
▪ Berteologi al-’Ashr;
▪ Allah sebagai tujuan.
2 Kepeloporan
Indikator dari nilai kepoloporan adalah:
▪ Kreatif dan Inovatif;
▪ Need for Achievement;
▪ Spirit of Excellent;
▪ Tangguh;
▪ Enterpreneurship (Moslempreneur/edupreneur).
3. Ukhuwah Islamiyah (Islamic Brotherhood)
Indikator dari nilai ukhuwah Islamiyah adalah:
▪ Berteologi Ta’awun;
▪ Welas Asih;
▪ Kepedulian;
▪ Membangun jejaring;
▪ Mutually benefit.
Bidang Strategis
Telah ditetapkan empat bidang strategis Majelis Pendidikan DasarMenengahJawa Timur, yaitu:
1. Pendidikan Berkarakter
Pendidikan berorientasi pada terbentuknya pribadi-pribadi yang tangguh,cerdas, berkeunggulan, serta berakhlaqul karimah. Dengan orientasiberkarakter ini maka program dan kegiatan yang dirancang dirumuskandalam rangka menciptakan al-shahsiyah al-fadilah.
2. Penguatan Organisasi
Organisasi yang dimaksudkan adalah sekolah, ortom, dan majelisdikdasmen mulai dari PCM, PDM dan PWM. Program dan kegiatandirancang untuk menjadikan organisasi fungsional berkemajuan.
3. Manajemen Mutu
Orientasi mutu merupakan ciri khas wajib dari pendidikanMuhammadiyah. Pihak yang diintervensi melalui program dan kegiatanmanajemen mutu ini terdiri dari unsur SDM dan institusi.
4. Internasionalisasi Pendidikan Muhammadiyah
Internasionalisasi pendidikan Muhammadiyah dimaksudkan bagaimana SDM Pendidikan Muhammadiyah mendapatkan kesempatan mengaksesinternasinal perspektif, baik siswa, guru, karyawan, maupun personalisamajelis dan lembaga.