Visi – Misi Pendidikan Muhammadiyah Jawa Timur

0
284
Visi misi pendidikan Muhammadiyah
Visi misi pendidikan Muhammadiyah

Visi Pendidikan Muhammadiyah Jawa Timur 2010-2025

“Terwujudnya sistem pendidikan Muhammadiyah Jawa Timur yang unggul,berkarakter, dan berdaya saing nasional dan internasional.”

Sejalan dengan Visi ini, Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah PimpinanWilayah Muhammadiyah Jawa Timur berhasrat untuk pada tahun 2025 berhasilmengantarkan pendidikan yang menghasilkan “Insan Yang Berakhlak Mulia,Cerdas, Dan Unggul”

Misi Pendidikan Muhammadiyah Jawa Timur

Merujuk pada visi di atas, misi pendidikan Muhammadiyah Jawa Timur sebagai berikut:

  1. Meningkatkan kesiapan input dan kualitas proses pendidikan Muhammadiyah untuk mengoptimalkan pembentukan kepribadian yang berakhlak mulia;
  2. Meningkatkan profesionalitas dan akuntabilitas lembaga pendidikanMuhammadiyah sebagai pusat pembudayaan ilmu pengetahuan,keterampilan, pengalaman, sikap, dan nilai berdasarkan maksud dan tujuanpersyarikatan, standar pendidikan nasional dan internasional;
  3. Memberdayakan peran serta masyarakat dalam penyelenggaraan pendidikan Muhammadiyah sebagai media dakwah dan kaderisasi;
  4. Memfasilitasi pengembangan potensi anak bangsa secara utuh sejak usiasekolah dasar dalam rangka mewujudkan masyarakat belajar;
  5. Mendorong dan memfasilitasi internasionalisasi pendidikan Muhammadiyah.

      Selaras dengan Misi Pendidikan Muhammadiyah Jawa Timur tersebut, Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Timuruntuk tahun 2015 – 2020 menetapkan misi Mewujudkan pendidikan yangmampu membanguninsan yang berakhlak mulia, cerdas, dan unggul denganmelaksanakan misi pendidikan Muhammadiyah Jawa Timur.

      Nilai-Nilai

      Nilai-Nilai penggerak Pendidikan Muhammadiyah Jawa Timur adalah:

      1. Keikhlasan

      Indikator dari nilai keikhlasan adalah:

      ▪ Professional;

      ▪ Komitmen/integritas;

      ▪ Amanah;

      ▪ Jujur;

      ▪ Berteologi al-’Ashr;

      ▪ Allah sebagai tujuan.

      2 Kepeloporan

      Indikator dari nilai kepoloporan adalah:

      ▪ Kreatif dan Inovatif;

      ▪ Need for Achievement;

      ▪ Spirit of Excellent;

      ▪ Tangguh;

      ▪ Enterpreneurship (Moslempreneur/edupreneur).

      3. Ukhuwah Islamiyah (Islamic Brotherhood)

      Indikator dari nilai ukhuwah Islamiyah adalah:

      ▪ Berteologi Ta’awun;

      ▪ Welas Asih;

      ▪ Kepedulian;

      ▪ Membangun jejaring;

      ▪ Mutually benefit.

      Bidang Strategis

      Telah ditetapkan empat bidang strategis Majelis Pendidikan DasarMenengahJawa Timur, yaitu:

      1. Pendidikan Berkarakter

      Pendidikan berorientasi pada terbentuknya pribadi-pribadi yang tangguh,cerdas, berkeunggulan, serta berakhlaqul karimah. Dengan orientasiberkarakter ini maka program dan kegiatan yang dirancang dirumuskandalam rangka menciptakan al-shahsiyah al-fadilah.

      2. Penguatan Organisasi

      Organisasi yang dimaksudkan adalah sekolah, ortom, dan majelisdikdasmen mulai dari PCM, PDM dan PWM. Program dan kegiatandirancang untuk menjadikan organisasi fungsional berkemajuan.

      3. Manajemen Mutu

      Orientasi mutu merupakan ciri khas wajib dari pendidikanMuhammadiyah. Pihak yang diintervensi melalui program dan kegiatanmanajemen mutu ini terdiri dari unsur SDM dan institusi.

      4. Internasionalisasi Pendidikan Muhammadiyah

      Internasionalisasi pendidikan Muhammadiyah dimaksudkan bagaimana SDM Pendidikan Muhammadiyah mendapatkan kesempatan mengaksesinternasinal perspektif, baik siswa, guru, karyawan, maupun personalisamajelis dan lembaga.

      TINGGALKAN KOMENTAR

      Silakan masukkan komentar anda!
      Silakan masukkan nama Anda di sini