Siti Alfiyah: Sebaik Apapun Kurikulum, Guru Kunci Sukses Pendidikan

0
222
Siti Alfiyah: Sebaik Apapun Kurikulum, Guru Kunci Sukses Pendidikan

Daring, 07 Agustus 2021 – KKG 1 Kabupaten Malang sukses digelar pada Sabtu (07/08) secara daring atau online.  Tidak hanya berlangsung melalui Zoom Cloud Meeting, KKG 1 ini juga disiarkan secara langsung lewat akun youtube resmi SD Muhammadiyah 08 DAU Malang.

Tampil dalam sambutan perwakilan K3S Malang Raya, Siti Alfiyah menyampaikan bahwa guru di Muhammadiyah bekerja berdasarkan panggilan hati dan ridha dari Allah SWT. Ini diajarkan sebagaimana seorang guru harus mengajarkan nilai jujur, tulus, ramah, dan welas asih.

Menurutnya, program literasi numerasi ini merupakan tanggung jawab yang besar. Sudah saatnya mengembangkan literasi dan numerasi di kelas awal. Tentu dengan kearifan lokal yang sesuai Al-Qur’an dan As-Sunnah.

“Manakala ilmu yang kita ajarkan nanti tidak menarik, sudah pasti anak-anak malas untuk memahami atau mendengarkan,” ungkap Siti Alfiyah. “Jadi, pembaharuan harus terus dilakukan seperti pelatihan KKG ini,” imbuhnya.

Menurut Korda (Koordinator Daerah) Literasi Kabupaten Malang ini bahwasannya sebaik apapun kurikulum, tetaplah guru menjadi kunci sukses pendidikan. Khususnya di kelas awal (1,2,3).

“Dengan penunjukan Malang Raya dalam program ini, sudah saatnya kita untuk selalu mengasah dan mengembangkan ilmu agar tidak tertinggal,” tuturnya.

Dirinya juga berharap peserta untuk tetap semangat dan apa yang diperoleh di KKG dapat bermanfaat bagi peserta didik dan sekolah sasaran. Lebih bagus jika praktik baik ini tersebar di berbagai sekolah di Indonesia. (Yuni KF)

(Foto: Yuni Khoirul Fatimah)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini