Muji: Berikan Kalimat Motivasi untuk Bangun Semangat Belajar Matematika

0
239
Muji: Berikan Kalimat Motivasi untuk Bangun Semangat Belajar Matematika

dikdasmenpwmjatim.com – Matematika merupakan salah satu mata pelajaran seputar perhitungan pada suatu bilangan. Banyak siswa khususnya di sekolah dasar menganggap matematika adalah pelajaran yang sulit untuk dipahami. Pemikiran-pemikiran seperti ini yang akhirnya membuat siswa malas belajar matematika. Seperti yang disampaikan oleh Muji selaku guru SD Muhammadiyah 3 dalam kegiatan Kelompok Kerja Guru (KKG) Gresik yang ketiga.

Pada kesempatan itu, Muji menyampaikan untuk selalu menggunakan kata-kata atau kalimat yang mampu membangun semangat belajar siswa terutama dalam mengajarkan matematika.

“Apabila kita sedang menjelaskan kepada murid-murid, sebaiknya kita menggunakan kalimat yang tidak stagnan, seperti matematika itu sulit,” tuturnya.

Muji juga mengungkapkan bahwa kalimat tersebut akan berpengaruh terhadap pola pikir siswa sehingga timbul rasa kurang percaya diri dan tidak termotivasi untuk belajar matematika.

“Selaku pengajar, kita juga harus menghindari kata tidak dan jangan pada saat pembelajaran berlangsung. Hal ini penting untuk dilakukan agar anak termotivasi untuk belajar dan membentuk sebuah pemikiran yang positif  untuk mendapatkan nilai yang lebih baik lagi,” lanjutnya.

Pada akhir penjelasannya terkait penggunaan kalimat dengan bahasa pola pikir berkembang, Muji mengingatkan kembali untuk selalu memberikan kalimat-kalimat motivasi yang dapat merubah pola pikir siswa terkait matematika. (Syifa Nabila A)

(Foto: Syifa Nabila A / Editor: Yuni KF)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini