Mencerminkan Perilaku Beriman, Guru Kelas Awal Mengajak Peserta Didik Praktik Cuci Tangan

0
227
Mencerminkan Perilaku Beriman, Guru Kelas Awal Mengajak Peserta Didik Praktik Cuci Tangan

dikdasmenpwmjatim.com – Dengan mengusung tema ‘Diriku’ dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Bahasa Indonesia kelas awal (satu), Lutfiyatut Taqiyah, S.Pd  selaku guru MI Assa’adah (MIAS) Bungah Gresik mengajak peserta didik dalam mempraktikkan tata cara mencuci tangan sesuai prosedur yang baik dan tepat.

Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru merupakan salah satu kompetensi inti dari pelaksanaan pembelajaran kelas awal.

Adapun media atau alat bantu sebagai media belajar peserta didik. Diantaranya video pembelajaran, buku gambar atau kertas karton, buku siswa, dan sebagainya.

Melalui video pembelajaran, guru menunjukkan cara mencuci tangan sesuai prosedur yang benar dan tepat. Selanjutnya, guru meminta peserta didik untuk membuat video tata cara cuci tangan dengan batas waktu yang telah ditentukan.

Urutan mencuci tangan dengan tepat adalah basahi tangan, tuangkan sabun, menggosok telapak tangan, menggosok jari dan menggosok ujung kaku, membilas dengan air bersih dan mengeringkan tangan memakai tisu atau lap tangan milik sendiri.

Mengingat saat ini masa pandemi, sudah seharusnya menjaga kesehatan dimulai dari diri sendiri. Praktik mencuci tangan ini dinilai mampu menyajikan pengetahuan faktual dalam karya yang logis dan sistematis dalam mencerminkan anak sehat.

Selain itu, praktik cuci tangan juga mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia. Hal ini dikarenakan kebersihan sebagian dari iman. (Yuni KF)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini