Maskurniawati: KKG Literasi Bawa Dampak Positif Bagi Saya dan Pembelajaran di Kelas

0
204

dikdasmenpwmjatim.com – Terlaksananya Kegiatan Kelompok Kerja Guru (KKG) di beberapa kabupaten, salah satunya Kabupaten Malang (literasi) membawa banyak dampak positif terhadap anak didik, Bapak/Ibu guru, Bapak/Ibu Kepala Sekolah, dan sekolah (SD/MI).

Dampak positif lain dari pelaksanaan KKG literasi tersebut bagi kelas yaitu pemahaman pentingnya menyetarakan gender pada kegiatan anak di kelas. Salah satu bentuk penyetaraan gender yang telah diimplementasikan dalam kelas yakni merubah tempat duduk dengan tidak berpatok pada jenis kelamin. Baik perempuan maupun laki-laki dipandang sama dan bisa berteman tanpa ada perbedaan.

“Perubahan yang terjadi dalam diri saya tentu banyak pengalaman bertukar pikiran/ide dalam mengajar dengan Bapak/Ibu guru dari sekolah lain. Selain itu kami juga bisa mencari solusi bersama tentang bagaimana mengatasi anak-anak yang masih kesulitan membaca,” tutur Maskurniawati selaku Fasilitator Daerah (Fasda) Kabupaten Malang Raya.

Tak hanya itu, dampak baik dari pelaksanaan KKG literasi adalah ilmu baru tentang beberapa permainan yang menyenangkan tentang pengenalan huruf, kata, suku kata sampai kalimat. Maskurniawati menjelaskan dengan permainan tersebut dapat menciptakan suasana kelas yang menyenangkan dan anak-anak lebih antusias belajar di kelas. (Yuni KF)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini