‘Bedah Kelas’ Srategi Meningkatkan Kreativitas dan Keaktifan Siswa Kelas Awal

0
209
‘Bedah Kelas’ Srategi Meningkatkan Kreativitas dan Keaktifan Siswa Kelas Awal

Daring, 18 September 2021 – Telah terlaksana kegiatan Kelompok Kerja Guru (KKG) Literasi 4 (KKG 4) Kabupaten Malang Raya. Tema yang diusung dalam KKG kali ini yakni ‘Big Book Seri 1’. Dan diikuti kurang lebih 31 peserta.

Kegiatan ini diikuti oleh Koordinator Daerah (Korda). Fasilitator Daerah (Fasda),Tim Monitoring dan Evaluasi (Monev), Bapak/Ibu guru kelas awal (1,2,3), Bapak/Ibu Kepala Sekolah sasaran, Tim Komunikasi dan Publikasi (Tim Kom), dan Tim Program INOVASI Dikdasmen Muhammadiyah Jawa Timur.

Tampil sebagai pembicara terkait refleksi pelaksanaan pada unit sebelumnya (unit 1), Lutfiyah Asmari, S.Pd meminta Bapak/Ibu guru kelas awal (1,2,3) untuk mengatakan apa dampak dari ‘bedah kelas’.

Bedah kelas ini merupakan tugas untuk Bapak/Ibu guru kelas awal  sebagai penunjang pembelajaran di kelas. Selaku guru kelas 3 SD Muhammadiyah 01 Kepanjen, Lisa Yunantha mengatakan tugas tersebut sangat membantu dalam pembelajaran di kelas.

“Alhamdulillah pelaksanaan tugas pada unit sebelumnya bagi siswa kami sangat membantu dalam pembelajaran kemarin,” ujarnya.

Sedangkan Nurul Islamiyah selaku guru kelas 2 menuturkan perubahan signifikan yang dirasakan setelah dilaksanakan bedah kelas.

“Anak-anak lebih senang setelah kelas kami bedah. Mereka jadi lebih terampil dan kreatif karena mereka dapat menampilkan hasil karyanya di kelas,” imbuh Nurul Islamiyah. “Alhasil pembelajaran pun menjadi lebih menyenangkan,” tandasnya.

Sebagai Fasilitator Daerah (Fasda) Kabupaten Malang Raya, Supriyanto, S.Pd memberi motivasi kepada Bapak/Ibu peserta dalam mengimplementasikan literasi ke sekolah masing-masing.

Motivasi yang diberikan tersebut dikutip dari Prof. Dr. H Haedar Nashir, M.Si dalam Majalah Suara Muhammadiyah edisi 05/101, 1-15 Maret 2016.

‘Lembaga Pendidikan Muhammadiyah harus dapat tumbuh berkembang dengan kualitas premium dan unggul melalui gerakan literasi’ – Prof. Dr. H Haedar Nashir, M.Si. (Yuni KF)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini