Ajak Siswa-Siswi Bermain Sambil Belajar, Guru SDM 1 Kebomas Membuat Game Perbandingan

0
160
Ajak Siswa-Siswi Bermain Sambil Belajar, Guru SDM 1 Kebomas Membuat Game Perbandingan

dikdasmenpwmjatim.com – Bagi anak-anak bermain adalah hal yang menyenangkan. Karena itu, banyak anak yang lebih suka bermain dibandingkan belajar terutama anak-anak yang masih duduk di bangku sekolah dasar. Metode bermain sambil belajar ini dinilai efektif dan menyenangkan bagi siswa-siswi. Untuk itu, Bella Iasya Melinda sebagai guru kelas awal SD Muhammadiyah 1 Kebomas, Kabupaten Gresik, membuat sebuah permainan digital mengenai perbandingan matematika sebagai bentuk pengimplementasian dari hasil kegiatan Kelompok Kerja Guru (KKG) yang diadakan oleh INOVASI-Muhammadiyah Jawa Timur.

Permainan ini dibuat dengan sederhana namun, menarik untuk dimainkan. Dalam permainan ini, siswa-siswi diminta memilih salah satu kotak misteri yang di dalamnya terdapat kuis sederhana mengenai perbandingan. Kemudian mereka diminta untuk memilih jawaban yang benar dari soal yang ditampilkan dalam kotak misteri.

Selain itu, Bella juga menyiapkan permainan perbandingan yang lain. Permainan ini meminta siswa-siswi untuk menentukan jawaban di antara sama banyak, lebih banyak atau lebih sedikit dengan memilih jalan yang benar untuk menghindari musuh. Dari permainan-permainan tersebut, siswa-siswi tertarik untuk berani dan terus mencoba dalam menentukan jawaban yang benar. Selain itu, mereka juga menjadi lebih aktif dalam proses pembelajaran. Permainan-permainan itu juga mampu meningkatkan kemampuan berpikir mereka dalam memahami materi perbandingan dalam matematika. (Syifa Nabila A)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini